Their Stories : Edward Young Lee

Ada yang tau Jubilee Project di Youtube?

Jubilee Project ini intinya adalah sebuah gerakan non profit yang berfokus di pembuatan video-video tentang social awareness dan Edward Young Lee (Eddie) adalah salah satu pendirinya. Tahun 2013 lalu Eddie beserta dua orang founder Jubilee lainnya, Jason dan Eric, mutusin buat berkeliling dan mempelajari isu-isu sosial yang ada di Asia. Mereka pun mampir ke Jakarta dan inilah pertama kalinya aku bisa tau cerita tentang mereka lebih dalam lagi.

Awal-awal nonton Jubilee aku nggak terlalu ngeh sama sosok Eddie karena adiknya, Jason, yang lebih vokal dan terkesan lebih banyak aktif di depan layar. Little did I know ternyata sosok Eddie ini adalah sesosok orang yang amat luar biasa. Well, he is an American-born-Korean, yang mana kedua orang tuanya adalah imigran dari Korea. Orang tuanya mutusin buat pindah ke Amerika demi kehidupan yang lebih baik untuk anak-anaknya. Tentunya awal kehidupan mereka di sana sangat nggak mudah karena kendala bahasa dan budaya. Long story short, mereka bisa bertahan dan kedua anak mereka, Eddie dan Jason, pun bisa dibilang tumbuh jadi anak yang berhasil mencapai the american dream.

Di post ini aku akan fokus membahas Eddie dan akan bikin satu post lagi untuk Jason because I just have to. These Lee brothers are so inspiring. Trust me.

Okay back to the meet up in Jakarta. Aku senang banget waktu tau mereka mau bikin meet up di Jakarta tapi aku ragu mau ikut atau nggak karena pada waktu itu nggak banyak yang tau tentang mereka. Begitu pun dengan saudara atau teman-temanku yang sama sekali clueless tentang mereka. But I am glad I did go to that meet up (alone)! Di sana aku berkesempatan buat ngobrol one-on-one sama mereka dan bisa saling tukar cerita. Akhirnya aku pun tau lebih banyak hal tentang masing-masing mereka.

Eddie. Dengan background orang tuanya yang imigran, dia pun harus bekerja extra keras di sekolah untuk catch up dengan pelajaran, bahasa, dan kebudayaan di tempat barunya. Melihat kerja keras orang tuanya, Ia pun belajar begitu keras sampai jadi valedictorian di high school-nya dan berhasil masuk HARVARD. Yep you read that right. Harvard. Nggak cuma itu, Eddie pun masuk jadi salah satu tim kampanye Barack Obama dan kerja langsung di bawahnya. Setelah Obama terpilih jadi Presiden Amerika, ia pun diangkat jadi salah satu staff Obama, bekerja di White House dan U.S. Department of Education. American dream achieved? Yes. For most of us.

Maybe not for Eddie. Di tengah segala pencapaiannya, dia merasa ada yang kosong dan mutusin buat keluar dari pekerjaanya. Akhirnya Eddie membangun Jubilee Project bareng Jason dan Eric. Dia merasa dengan berbuat baik dan mendorong orang untuk berbuat baik bisa mengisi kekosongan dalam dirinya.

Doing good is contagious — Jubilee Project

Sampai 2014 sekali lagi Eddie keluar dari comfort zone-nya karena merasa Tuhan punya tujuan lain dalam hidup dia. Dia pun keliling Amerika, China, Zimbabwe, dan banyak negara lainnya untuk mencari jawaban dalam hidup dan melangkah dalam iman ke mana pun dia merasa Tuhan menyuruhnya. Di saat dia keliling ini akhirnya Eddie ketemu sama Jan, cewek yang punya ‘panggilan hidup serupa’, yang sekarang jadi istrinya.

Saat ini mereka tinggal di Colorado dan Eddie jadi salah satu orang yang sangat dekat sama Ps. John and Lisa Bevere (pasangan pendeta dari Amerika). Yang menarik di salah satu post terbarunya di Facebook, Eddie sempat cerita bahwa dulu waktu dia lagi bingung mencari tujuan hidupnya dan pindah-pindah dia sering dengerin podcast Ps. John dan Lisa Bevere ini, and you know what? Sekarang Eddie duduk bersama mereka buat rekaman podcast bareng-bareng. Isn’t it amazing?

Dari hidup seorang Edward Young Lee sejauh ini, aku bisa banyak banget belajar. Kadang kalau lagi merasa hilang arah dan liat post-post dia di FB, rasanya kayak diingetin lagi ‘do I trust God enough?’ ‘do I really have that faith?’ terus jadi semangat lagi.

Dengan berbagi cerita tentang dia ini, aku pun berharap kalian bisa punya semangat yang baru dan sama-sama terdorong buat mencari tujuan hidup kita di bumi. hehe.

To read more about his story, please visit his (and his wife’s) blog at www.edplusjan.com

 

Now ask God and ourselves ‘What is my purpose in life?’ and let’s walk by faith not by sight!

See you in another story

 

Cheers,

Jennifer Hakim

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s